Senin, 09 Juli 2012

Teori Tentang Karbohidrat


            Noor (1990), menyatakan bahwa karbohidrat dalam metabolisme adalah sebagai bahan bakar untuk dioksidasi dan menyediakan energi untuk proses metabolik lain. Dilihat dari kuantitatif, karbohidrat merupakan substansi kimia yang dimetabolisasikan manusia dan hampir semua hewan.
            Warsito (1996), menyatakan bahwa karbohidrat adalah senyawa yang dapat diartikan sebagai polisakarida keton yang mempunyai rumus CH2­­­O dan juga derivatnya. Senyawa tadi yaitu karbohidrat dalam bentuk glukosa dan glikogen yang penting untuk sumber tenaga. Beberapa karbohidrat mempunyai fungsi spesifik yang penting ialah ribosa dalam nukleoprotein sel, galaktosa dalam lipid, lipid tertentu dan laktosa dalam air susu.
            Syamsuri (2000), menyatakan bahwa karbohidrat merupakan senyawa organik yang disintesis dari senyawa anorganik yang mengandung unsur-unsur C, H dan O. komponen dasar dari karbohidrat adalah monosakarida, yaitu karbohidrat yang paling sederhana yang hanya memiliki satu gugus gula dan mempunyai rasa manis. Molekul-molekul monosakarida dapat berikatan membentuk disakarida dan polisakarida.
            Pratiwi (2005), menyatakan bahwa karbohidrat merupakan senyawa majemuk yang mengandung unsur C, H dan O. prnggolongan karbohidrat dibagi menjadi dua, yaitu gula sederhana dan gula majemuk. Gula sederhana adalah monosakarida dan gula majemuk aadalah disakarida dan polisakarida. Karbohidrat merupakan zat makanan yang menghasilkan sumber energi yang berfungi dalam penyediaan bahan pembentuk protein dan lemak serta menjaga keseimbangan asam dan basa didalam tubuh.
            Sumarwan (2007), menyatakan bahwa karbohidrat merupakan sebagai sumber energi. Tubuh manusia dapat menyimpan kelebiham karbohidrat didalam organ hati dan otot. Sumber karbohidrat antara lain beras, jagung, ubi, kentang dan singkong. I gr karbohidrat menghasilakn energi 4 kalori/ + 17 kilo roule.
Tinjauan Pustaka :
Noor, A. 1990. Biokimia Nutrisi. Yogyakarta: Pusat Antar Pangan dan Gizi UGM.
Page, S Davis. 1989. Prinsip-Prinsip Biokimia. Surabaya: Erlangga.
Pratiwi, dkk. 2005. Biologi SMA 2. Jakarta: Erlangga.
Sumarwan. 2007. IPA SMP Untuk Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
Syamsuri, istanar, dkk. 2000. Biologi 2000. Jakarta: Erlangga.
Warsito, A. 1996. Biokimia. Surakarta: FKIP UMS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar