Senin, 09 Juli 2012

Teori Tentang Protein


            Page(1989), menyatakan bahwa protein adalah suatu unsur seluler utama yang kira-kira 50% berat kering dari sel. Fungsi protein berkisar dan katulik dalam hal enzim hingga toksis dalam hal racun bakteri dan ular. Protein merupakan polimer yang terdiri dari suatu asam amino yang terikat secara kovalen. Sifat dari asam amino itu sendiri yaitu Amfoter, yaitu asam amino dengan gugus karboksilatnya menyebabkan sifat asam, sedangkan gugus aminanya menyebabkan sifat basa. Sifat asam amino yang kedua yaitu mempunyai atom C simetris sehingga bersifst optis aktif yang artinya dapat memutar bidang polarisasi.
            Noer(1990), menyatakan bahwa untuk membentuk rantai polipeptida suatu protein dengan susunan asam-asam amino tertentu, memerlukan suatu mekanisme pemindahan informasi genetik yang terdapat dalam nukleosida pada karir RNA.
            Winarno(1995), menyatakan bahwa protein merupakan suatu zat makanan yang amat penting bagi tubuh, karena zat ini berfungsi sebagai bahan bakar dalam tubuh juga berfungsi sebagai zat pembangun dan pengatur. Protein adalah sumber-sumber amino yang mengandung unsur-unsur C, H, O dan N yang tidak memiliki lemak dan karbohidrat. Protein mengandung pospor, belerang dan jenis protein yang mengandung unsur logam seperti bedi dan tembaga.
            Hamid(2001), menyatakan bahwa protein merupakan biomolekuler yang sangat penting. Beberapa fungsi protein adalah sebagai enzim. Pengangkutan dan penyimpanan impuls syaraf pengontrol pertumbuhan dan differensiasi.
            Toha(2001), menyatakan bahwa protein merupakan biomolekuler yang sangat penting. Beberapa fungsi protein adalah sebagai katalisator, pengangkut dan penyimpan, penyebab gerakan, pendukung sistem kekebalan, pembentuk dan transmisi impuls syaraf, pengontrol pertumbuhan dan differensiasi, pendukung kekuatan struktural dan lain-lain.

Tinjauan Pustaka:
Abdul, Hamid. 2001. Biokimia Metabolisme Molekul. Bandung: Alfa Beta.
Noer, Zoheid. 1990. Biokimia Nutrisi. Yogyakarta: Gajah Mada University.
Page, david S. 1989. Prinsip-Prinsip Biokimia. Jakarta: Erlangga.
Toha, Abdul Hamid A. 2001.  Biokimia Metabolisme Biomolekul. Bandung: Alfa Beta.
Winarno, FG. 1995. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar